Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for AMERTA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Penulis yang akan memasukkan naskah (article submission) ke Jurnal Amerta harus melakukan registrasi online secara mandiri pada menu “register” pada situs jurnal elektronik ini. Apabila mengalami kesulitan, dapat menghubungi sekretariat redaksi Jurnal Amerta di email: redaksi_arkenas@yahoo.com  
  2. Setelah terdaftar (registered), lakukan submit naskah hingga berhasil (active submissions). Naskah yang di-submit harus sudah sesuai dengan template penulisan naskah Jurnal Amerta. Setelah itu, penulis menunggu konfirmasi dari Editor in Chief atau sekretariat redaksi terkait dengan status naskah penulis.
  3. Selama belum ada konfirmasi atau pemberitahuan status naskah (lanjut proses review, naskah diterima, atau naskah ditolak) dari Editor in Chief atau sekretariat redaksi, penulis dilarang mengirimkan naskah terbitannya ke jurnal yang lain (konfirmasi atau pemberitahuan naskah ke penulis, maksimal 3 minggu sejak naskah diterima oleh editor atau sekretariat redaksi).
  4. Penulisan kutipan dan referensi (daftar pustaka) naskah sangat disarankan menggunakan aplikasi reference manager Mendeley.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang ditulis dan di-submit belum pernah dikirim ke penerbit jurnal lain dan dipublikasikan di terbitan lain.
  2. Naskah sesuai dengan ruang lingkup Jurnal Amerta, yaitu bidang ilmu arkeologi, antropologi, sejarah, dan budaya.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  4. Naskah telah disusun sesuai dengan format dan sistematika penulisan naskah (sesuai template naskah Jurnal Amerta).
  5. Sumber kutipan atau bahan referensi naskah minimal 10 judul publikasi (80% sumber referensi primer dan 20% sumber referensi sekunder). Sumber referensi primer, seperti: jurnal, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, dan makalah prosiding. Sumber referensi sekunder, seperti: buku dan sumber internet.
  6. Penulis tunduk pada ketetapan dan keputusan hasil review naskah oleh Dewan Redaksi.
 

Copyright Notice

Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Amerta ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
  2. Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA), yang berarti Jurnal Amerta tidak memiliki tujuan komersial, berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.

 

Privacy Statement

Nama dan informasi pribadi yang masuk ke dalam Redaksi Jurnal Amerta akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan yang menyangkut jurnal ini dan tidak akan dibuat tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.